Jumat, 15 Februari 2013

Software Web Browser apa yang Anda gunakan ?


peramban web, best browser

Fungsi Software Web Browser

Fungsi utama Software Web Browser (Peramban Web) adalah untuk menyajikan sumber daya web yang Anda inginkan, dengan meminta dari server website yang bersangkutan dan menampilkannya pada jendela browser. Format sumber daya biasanya HTML tetapi juga bisa PDF (Portable Data File), gambar, video, Audio dan masih banyak lagi. Lokasi sumber daya ditentukan oleh pengguna dengan menggunakan URI (Uniform Resource Identifier) yang diketikkan pada kotak penelusuran URL (Uniform Resource Locator). 

Software Web Browser apa yang Anda gunakan ?

Para pengguna internet tentunya membutuhkan software web browser yang berkinerja cepat, dan aman. Dan meskipun semua software web browser dirancang untuk akses internet, namun tidak semuanya diciptakan sama persis. Software web Browser yang berbeda bisa jadi akan menampilkan halaman website yang sama secara berbeda dan sangat mungkin ada perbedaan besar dalam kinerjanya antara software web browser papan atas seperti Google Chrome, Firefox, Internet Explorer atau yang lain.  

Kesederhanaan, Keamanan dan Kecepatan adalah tiga hal utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih sebuah software web browser untuk menjelajah internet.

Kesederhanan

Pada dasarnya, tampilan antarmuka (interface) software web browser memiliki banyak kesamaan antara yang satu dengan yang lain. Kesederhaan menjadi prioritas utama untuk menjadikan software web browser tampil praktis, ringan, cepat dan mudah digunakan untuk menjelajah internet. Masing-masing software web browser memiliki elemen yang umum seperti : 
  • Address bar (kotak penelusuran) untuk memasukkan URI
  • Toolbar standar untuk navigasi halaman yang berisikan tombol kembali (back), tombol maju (forward), tombol refresh (muat ulang) halaman dan tombol stop (berhenti) untuk menghentikan proses muat halaman serta tombol home untuk menuju ke halaman website yang telah ditentukan.
  • Fasilitas Bookmark untuk pengelolaan alamat situs
  • Tab, untuk membuka halaman situs yang lain dalam waktu yang bersamaan. 
  • Status bar yang terletak di bagian bawah

Cara menggunakan peramban web browser
Tampilan Window browser Internet Explorer
  

Keamanan

Software Web browser yang bagus dan handal, selain cepat dan praktis juga harus memiliki Fitur standar keamanan yang bisa melindungi penggunanya selama menjelajah internet. Seperti pengaturan privasi, pemblokir pop-up, Don't Track, Antispyware dan fitur keamanan lain yang membantu menjaga informasi pribadi pengguna seperti passworddan lainnya.

Kecepatan & Kompatibilitas 

Selain itu, Software Web browser juga harus bisa memuat halaman web dengan cepat dan kompatibel dengan semua sistem operasi (OA-Operationg System) yang digunakan oleh pengguna seperti Windows, Linux, Mac, dan OS lain. 

Software Web Browser yang bagus tentunya akan menyediakan fitur tambahan lain yang bisa memperkaya fungsi Browser. Yaitu Add-ons atau ekstensi ditambah adanya support / dukungan dari pembuat browser itu sendiri, misalnya selalu menyajikan update browser untuk mengurangi tingkat error browser termasuk dalam hal update fitur keamanan.

Bila ketiga hal utama tersebut mampu dipenuhi oleh Software Web browser maka menurut saya itulah software web browser yang layak untuk dipilih dan digunakan untuk akses internet dengan aman, cepat dan menyenangkan. Software Web Browser apa yang paling bagus dan handal ? silahkan dipilih sendiri di Daftar Software Aplikasi Web Browser.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar